Membuat ruangan minimalist menjadi menenangkan dan nyaman


Sebuah rumah minimalis dirancang dengan konsep kesederhanaan atau lebih tepatnya simple tanpa ada bentuk dan ornament yang berlebihan idealnya akan memudahkan pemilik rumah untuk merawat dan memelihara kebersihan dan keindahan rumah dengan konsep modern minimalist, lalu kenapa pada kenyataannya masih banyak orang yang stress dan tidak nyaman melihat setiap sudut dan ruangan-ruangan yang ada dalam rumah minimalistnya? Lalu apa yang bisa dilakukan untuk "Membuat ruangan minimalist menjadimenenangkan dan nyaman?"
Sebelum pertanyaan tersebut dijawab, terlebih dahulu kita kembalikan dulu konsep dasar design rumah dan interior minimalist. Sebagaimana namanya sebuah Rumah minimalist harusnya menyajikan sebuah konsep dengan ornament yang mengutamakan kualitas bukan kuantitas, artinya semua aksesoris, perabot dan ornament-ornamen yang tidak penting harusnya disingkirkan. Dengan begitu seorang pemilik rumah akan bisa melihat dan menikmati dari setiap sudut dan ruang dalam rumah minimalistnya. Bayangkan jika di setiap ruang terdapat beberapa perabot yang seharusnya tidak perlu, ditambah lagi photo-photo yang tidak penting terpajang di dinding, hal ini akan membuat susah untuk menikmati keindahan dan kenyamanan sebuah ruangan. Selain itu akan lebih sulit membersihkan ruangan dengan banyak ornament dibandingkan dengan ornament secukupnya. Berikut sedikit trik sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat setiap Ruangan minimalist anda terasa nyaman dan berkualitas.
  
1. Tuntaskan satu per satu.
    Membersihkan ruangan akan lebih mudah jika dilakukan bertahap dari satu ruangan ke ruangan lainnya,   sebaiknya mulailah dari ruangan yang lebih kecil, ibarat olah raga anda butuh pemanasan sebelum mulai latihan inti, nah kalau dimulai dari ruangan kecil mungkin akan sedikit ringan. Setelah selesai di ruangan pertama berpindahlah ke ruangan berikutnya. Ini akan membuat pekerjaan anda lebih mudah.
2   
      2. Mulailah dengan furnitur.
    Sebagaimana penjelasan saya di atas konsep minimalist tidak membutuhkan ornament dan perabot yang tidak penting, karena itu mulailah memandangi sekaligus menyeleksi setiap perabot yang ada dengan begitu anda akan mengetahui mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus disingkirkan.
3 
      3. Jauhkan yang kurang atau tidak penting.
    Sekarang cobalah untuk mulai menyingkirkan barang-barang atau perabot yang menurut anda tidak terlalu penting, tapi jangan buru-buru dibuang atau dijual dulu lho, disingkirkan saja dulu ke suatu tempat di ruangan lain mungkin.
4 
      4. Bersihkan semua permukaan datar.
    Mulai dari lantai, tembok hingga plafon bersihkan dari perabot dan ornament yang tidak penting, gunakan sedikit daya seni anda untuk menata setiap permukaan datar anda agar lebih simple dan elegan.
5 
      5. Usahakan menyimpan barang-barang yang anda butuhkan.
Menyingkirkan barang yang tidak perlu sudah dijelaskan dalam tips di atas, sekarang seleksi dari barang-barang itu mana yang anda butuhkan lalu simpan rapih dalam satu wadah yang sesuai dengan barang tersebut, misalnya buku-buku simpanlah dalam rak buku, DVD atau CD simpan dalam laci atau box. Sehingga tidak ada lagi barang yang berserakan di atas lantai. Biarkan lantai hanya dengan dekorasi yang berkualitas.  

6    6. Gunakan karya seni sederhana.
    Untuk menjaga ruang agar tidak membosankan, Anda dapat menempatkan sebuah lukisan gambar, sederhana atau foto, dibingkai dengan warna, tenang padat, di dinding masing-masing jika anda ingin.
Sumber Photo : Perumahan depok
7    7. Gunakan dekorasi yang sederhana.
    Seperti disebutkan dalam tips di atas, satu atau dua dekorasi sederhana dapat berfungsi sebagai aksen untuk ruang minimalis. Sebuah vas bunga atau tanaman pot kecil adalah dua contoh klasik. Jika warna dalam ruangan anda sudah terlihat redup dan lusuh mulailah memoles dengan warna kesukaan anda, Anda bisa menggunakan warna cerah misalnya, (seperti merah, atau kuning) untuk menarik mata dan memberikan ruang polos percikan energi.
8 
      8. Mulailah menata lantai dengan pola polos.
Gunakan Warna solid mungkin akan terlihat lebih baik untuk penutup lantai (jika Anda memilikinya), furniture, dll
9 
      9. Manfaatkan warna tenang.
    Anda dapat memiliki percikan warna cerah dalam ruangan, tetapi sebagian besar ruangan harus lebih halus warna - putih minimalis klasik, tapi harus tetap menonjolkan warna-warna solid menyegarkan mata (warna bumi muncul dalam pikiran, seperti sebagai blues, cokelat, tan, hijau). 
Sumber Photo : Design-rumah-minimalist

10. Buatlah satu wadah atau tempat untuk menyimpan segala sesuatu yang penting.
Dalam sebuah rumah minimalis, sangat penting bahwa Anda membuatkan atau menyediakan tempat untuk segala sesuatu, dan ingat di mana tempat-tempat itu. Dimana anda meletakkan blender misalnya? Berikan tempat yang mudah diingat dan seusai dengan fungsi dan seberapa seringnya barang itu dipakai, Bertujuan untuk membuat hal-hal yang lebih efisien, tetapi kuncinya adalah untuk menunjuk tempat. 

11. Silahkan nikmati hasil kerja keras anda
      Duduk santai, rileks, dan nikmati jengkal demi jengkal hasil kerja keras anda. Setelah anda berhasil meminimalkan kekacauan yang ada dalam ruangan ditambah dengan sentuhan-sentuhan seni sederhana untuk menata ulang ruangan, sekarang luangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat dan menikmatinya. Hal ini begitu damai dan memuaskan. Tentunya ini pantas anda dapatkan setelah apa yang and lakukan untuk itu.

Sedikit tips sederhana ini semoga bisa menginspirasi anda, silahkan tinggalkan komentar yang kira-kira perlu dikomentari, bagaimanapun juga artikel ini pasti banyak kekurangan, mohon berikan masukan dan saran anda.  

5 komentar

Jam-Koe 10 Januari 2013 19.52

Infonya menarik gan.... :-d

rohmadaini 10 Januari 2013 21.08

wah postingan yang bagus nie gan :p

chipshoes Inc 10 Januari 2013 23.17

selamat malam sobat

Jefan 11 Januari 2013 16.43

kunjungan perdana sobat

MPS 12 Januari 2013 08.51

kunjungan pagi

Posting Komentar

Sobat Bloggers