Rumah Kubik Unik Solusi Kemacetan Jakarta


Salah satu permasalahan Jakarta sebagai kota Metro Politan sekaligus ibukota Negara Indonesia adalah kemacetan, dengan populasi yang padat ditambah lagi penduduk dari luar Jakarta sendiri yang bekerja di Jakarta membuat jalur transportasi penuh terlebih jam kerja dan pulangnya. Berbagai solusi sudah ditempuh mulai dari pembangunan jalan-jalan layang hingga penertiban pedagang kaki lima, semuanya belum menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Salah satu penyebab kemacetan Jakarta adalah system tata kota yang semraut dan banyaknya karyawan dan pengusaha yang bekerja di Jakarta tapi tinggal di luar Jakarta sehingga menuntut harus punya kenderaan sendiri untuk menuju tempat kerja karena system transportasi juga belum mendukung keamanan lebih lagi kenyamanan penumpang, sehingga pilihan jatuh pada mobil pribadi atau sepeda motor yang akibatnya kita tau sendiri jam kerja jalanan tumpah ruah dengan kenderaan bermotor.

Kenapa saya buat title "Rumah Kubik Unik Solusi Kemacetan Jakarta" ? karena dari konsep dan lahan yang dipakai rumah ini menurut saya sangat mendukung program pengurangan kemacetan Jakarta, coba saja lihat bentuknya :
tersusun rapih blok perblok rumah hunian ini sebagaimana rumah biasa dilengkapi dengan kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan fasilitas lainnya yang mendukung aktivitas keluarga. rumah ini disusun berdempetan hingga menampung beberapa kubusan rumah lebih banyak. coba lihat interiornya
mewah kan?? yang luar biasanya bangunan berupa kubusan kubusan ini dibangun di atas Subway di kota Rotterdam Belanda, Ide ini terlahir dari seorang arsitek terkenal di Belanda bernama Piet Blom. Rumah berupa kubusan ini dibangun pertama di Helmond pada pertengahan 1970-an dan di Rotterdam pada awal tahun 1980 diberi nama Kubuswoningen, atau Cube house. Salah satu tujuannya memang untuk mengatasi kepadatan penduduk kota Amsterdam juga. ini gambar susunan-susunan rumah di atas subway stasiun kereta Rotterdam 
Sekarang bayangkan kalau konsep ini diterapkan di Jakarta, para pekerja di Jakarta tinggal di rumah-rumah itu, pasti akan mengurangi kenderaan yang masuk ke Jakarta yang otomatis akan mengurangi kepadatan Jalan-jalan Jakarta. Masalahnya siapa yang akan jadi arsiteknya dan siapa yang sanggup membangun ini. Kalau Belanda bisa kenapa Indonesia tidak hehehe.

Artikel ini saya perbaharui dari artikel di wikipedia ditambah pendapat sendiri yang tentunya banyak kekurangan di sana sini. Bagaimana tanggapan anda tentang Solusi kemacetan Jakarta ini apakah anda berpendapat sama atau ada pendapat lain?? silahkan berbagi di kotak komentar. Semoga yang sedikit ini bisa sedikit memberi pencerahan.

6 komentar

Tips dan Trik 10 Januari 2013 09.24

wih mantep tuh sob :-bd

M.BASRI BATUBARA 10 Januari 2013 11.21

Makasih jempol dan kunjungannya bro

Rizal ical 10 Januari 2013 11.23

keren banget, kapan ya bisa punya kayak gituan!
mampir balik yah!

Foto Lokasi 10 Januari 2013 11.58

foto "lokasi perumahan unik", mudah-mudahan developer-developer di Indonesia bisa membangun "model perumahan" tersebut.

abdul basit 11 Januari 2013 11.40

Salah satu alasan mengapa banyak yang memiliki rumah diluar jakarta karena rumah di jakarta sangat mahal.Kalau konsep rumah seperti ini harganya murah,baru bisa mengurangi kemacetan.Nice share kawan :-d

M.BASRI BATUBARA 12 Januari 2013 06.49

Setuju, trima kasih advice dan kunjungannya bang Abdul.

Posting Komentar

Sobat Bloggers